BEASISWA

Beasiswa BIDIK MISI Tahun 2011

Peningkatan pemerataan akses ke perguruan tinggi jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat sampai saat ini masih merupakan masalah di negara kita. Banyak lulusan jenjang pendidikan menengah yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu peningkatan akses informasi terhadap sumber pendanaan masih sangat terbatas. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menyusun database siswa jenjang pendidikan menengah yang cerdas dan kurang mampu serta memfasilitasi dan atau menyediakan beasiswa dan biaya pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan, Bab VI, Pasal 46 ayat (2), menyebutkan bahwa Badan Hukum Pendidikan wajib mengalokasikan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik Warga Negara Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi dan atau peserta didik yang memiliki potensi akademik tinggi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah seluruh peserta didik.

Berbagai macam beasiswa oleh pemerintah, misalnya PPA, BBM, PPE, dan BMU, telah diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi jumlah dana yang diberikan masih belum dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa, sehingga belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut serta kenyataan tentang program beasiswa sebagaimana tersebut di atas, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI.

Bidik Misi merupakan program seratus hari kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010 yang pada tahun 2011 ini dilanjutkan dengan kembali menerima 20.000 calon mahasiswa yang diselenggarakan di 117 perguruan tinggi penyelenggara.

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi

Bagi siswa yang akan lulus SMA tahun 2011 atau sudah lulus pada tahun 2010, dibuka kesempatan pendaftaran BIDIKMISI untuk SNMPTN Ujian Tulis melalui laman pendaftaran di http://bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran dengan ketentuan untuk mendaftar sebagai berikut

  1. Memenuhi persyaratan pelamar BIDIKMISI .
  2. Mempunyai atribut NPSN dan NISN yang sahih dan sudah terupdate. Untuk bantuan bisa melalui laman ini
  3. Pendaftaran dimulai pada tanggal 2 Mei 2011 pukul 12.00 sampai dengan 23 mei 2011 pukul 18.00.
  4. Setelah mendaftar BIDIKMISI secara online melalui laman yang disediakan pendaftar yang memenuhi syarat akan mendapatkan nomor ID dan PIN yang  digunakan untuk mendaftar SNMPTN Ujian Tulis.
  5. Pendaftar yang sudah mendaftar Bidik Misi melalui SNMPTN Undangan dan Seleksi Mandiri yang ternyata tidak diterima, maka diperkenankan mendaftar Bidikmisi untuk SNMPTN Ujian Tulis hanya setelah 19 Mei 2011 pukul 12.00.
  6. Pendaftar harus memastikan terlebih dahulu PT yang didaftar membuka kesempatan seleksi BIDIKMISI melalui SNMPTN Ujian Tulis dan Pendaftar memenuhi syarat serta prosedur yang ditetapkan masing masing PT. Informasi ini bisa ditanyakan ke PT yang diminati.

Perhatian : Dengan mendaftar Anda menyatakan tidak mampu secara ekonomi sehingga tidak bisa berkuliah tanpa dukungan bantuan biaya pendidikan BIDIKMISI. Panitia berhak membatalkan status penerimaan BIDIKMISI dan atau status lulus seleksi masuk bagi pendaftar yang diketahui memalsukan dokumen, mendapatkan surat pendukung dengan tidak sah atau memberikan informasi yang tidak benar.

Update 1 :

Dilakukan penyesuaian jadwal pendaftaran online untuk SNMPTN Ujian Tulis melalui http://ujian.snmptn.ac.id

  • Untuk lulusan 2009 dan 2010 dilakukan pada tanggal 2 Mei -10 Mei 2011
  • Untuk yang akan lulus 2011 dilakukan pada tanggal 11 Mei – 25 Mei 2011
  • Pendaftaran Bidikmisi untuk SNMPTN Ujian Tulis akan ditutup 24 Jam sebelum pendaftaran SNMPTN Ujian Tulis ditutup untuk tahun lulusan.

Update 2:

Untuk meningkatkan pelayanan, khususnya kepada calon pendaftar yang  yang berhak, kami memundurkan jadwal pendaftaran Bidikmisi untuk SNMPTN Ujian Tulis menjadi pada tanggal 2 Mei 2011 mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Pendaftaran dilakukan secara On-Line pada laman yang telah ditentukan.

Untuk melakukan pendaftaran silahkan akses [ DAFTAR ].

Untuk mengetahui Kuota diterima dari masing-masing Perguruan Tinggi dapat dilihat [ DISINI ]

Download Buku Panduan dan Formulir Rekomendasi Kepala Sekolah disini [ Buku Panduan dan Formulir Rekomendasi Kepala Sekolah ]