PMDK

PENGUMUMAN

PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA

MELALUI JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK)

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2011

Dalam rangka memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan sesuai batas waktu yang ditentukan, maka perlu adanya proses seleksi. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Udayana terdiri dari 2 (dua) sistem seleksi, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). SNMPTN dilaksanakan secara serentak oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia sedangkan PMDK Universitas Udayana dilaksanakan secara mandiri.

Prestasi yang dipertimbangkan dalam seleksi PMDK adalah prestasi akademik dan ekstra-kurikuler termasuk prestasi bidang olahraga dan seni. PMDK-UNUD tahun ini terdiri dari 2 (dua) jalur, yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus. Jalur Umum dibuka untuk semua program studi dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir (2009, 2010 dan 2011) yang mempunyai prestasi akademik atau ekstra kurikuler tertinggi di sekolah atau di luar sekolah. Prestasi yang menonjol di bidang akademik maupun ekstra kurikuler dari siswa-siswa di SMA/SMK merupakan prediktor keberhasilan yang baik bagi seseorang di Perguruan Tinggi. Jalur Khusus pada tahun ini hanya dibuka untuk Program Studi Kedokteran Umum dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir (2009, 2010 dan 2011) yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. Persyaratan seleksi Jalur Khusus pada umumnya sama dengan seleksi Jalur Umum ditambah dengan beberapa tambahan persyaratan khusus.

Ada perubahan yang mendasar pada sistem pendaftaran penerimaan calon mahasiswa Universitas UDayana melalui jalur PMDK tahun 2011, yaitu pendaftaran dengan sistem on-line. Sistem on-line mengharuskan calon peserta seleksi mengisi formulir pendaftaran melalui internet dan mencetak sendiri. Hasil print-out pendafatran dan kelengkapan lain selanjutnya dikirim kepada Panitia PMDK Universitas Udayana.

Untuk melakukan Proses Pendaftaran, silahkan klik [ DISINI ]