Mahasiswa Pindahan

Penerimaan mahasiswa pindahan diatur dalam SK Rektor Unud No. 2368/PT.17/I.15.09/86 yang isinya antara lain :

I. Mahasiswa Pindahan adalah :

  1. Mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri di luar Universitas Udayana, dan berminat melanjutkan studi pada salah satu Fakultas/Program Studi di lingkungan Universitas Udayana.
  2. Mahasiswa yang berasal dari salah satu Fakultas atau Program Studi di Universitas Udayana, dan berminat melanjutkan studi pada salah satu Fakultas/Program Studi lain di Universitas Udayana.

II. Status Perguruan Tinggi Asal

  1. Perguruan Tinggi asal bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studinya pada salah satu Fakultas/Program Studi di lingkungan Universitas Udayana adalah Perguruan Tinggi Negeri.
  2. Fakultas/Program Studi asal minimal setara dengan Fakultas/Program Studiyang akan dimasuki di Unud.
  3. Mahasiswa Program Noreguler tidak diperkenankan pindah ke Program Reguler.

III. Persyaratan Pindah

  1. Diterima sebagai mahasiswa pindahan adalah mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan secara terus-menerus : Minimal mengikuti perkuliahan 2 (dua) semester dan telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 24 sks dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 atau setinggi-tingginya 8 (delapan) semester dengan memperoleh sekurang-kurangnya 80 SKS dengan minimal 2,75 untuk program S1 dan program D4.
  2. Telah mengikuti studi 2 (dua) semester dan telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 24 SKS dengan IPK minimal 2,75 atau paling lama 4 (empat) semester dengan memperoleh sekurang-kurangnya 32 SKS dengan IPK minimal 2,75 untuk program S0.
  3. Jumlah SKS yang telah dimiliki akan disesuaikan dan diperhitungkan oleh Fakultas/Program Studi yang menerima.
  4. Jenjang program yang akan dimasuki minimal setara dengan Perguruan Tinggi Asal.
  5. Tidak pernah melakukan pelanggaran dan tata tertib Universitas/Fakultas/Program Studi, yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Perguruan tinggi asal.
  6. Bukan putus studi akibat dari tidak dapatmemenui ketentuan akademik
  7. Daya tampung masih memungkinkan, yang dinyatakan secara tertulis oleh Dekan Fakultas/Ketua Program Studi yang diminati.
  8. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian setempat, kecuali di lingkungan Universitas Udayana.
  9. Khusus perpindahan dari Program Reguler ke Nonreguler di lingkungan Universitas Udayana diatur oleh Fakultas/Program Studi yang bersangkutan.

IV. Tatacara Mengajukan Permohonan Pindah

  1. Permohonan tertulis kepada Rektor Universitas Udayana dengan tembusan kepada Dekan Fakultas/Ketua Program Studi yang dituju, paling lambat 1 (satu) bulan sebelum masa pendaftaran semester berikutnya
  2. Permohonan disertai lampiran :
    • Laporan kemajuan akademik/transkrip akademik yang sah dari Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi Asal.
    • Surat persetujuan pindah dari Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi Asal.
    • Rekomendasi dari Fakultas/Program Studi asal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak pernah melanggar tata tertib.
    • Surat keterangan berkelakuan baik, kecuali di lingkungan Universitas Udayana.
  3. Waktu studi mahasiswa pindahan adalah waktu yang telah dipergunakan oleh mahasiswa yang bersangkutan di Fakultas/Program Studi asal dan akan diperhitungkan dalam menentukan batas waktu maksimal di Universitas Udayana (dengan mempergunakan NIM tahun pertama sejak menjadi mahasiswa di Universitas/Fakultas/Program Studi Udayana).